Saturday, January 1, 2011

Penerapan Konsep Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Akhirnya setelah mengalami kebuntuan akhir tahun....kali ini saya punya posting baru untuk para pembaca setia saya :).eh,sampai lupa...HAPPY NEW YEAR 2011! semoga tahun ini menjadi tahun yang baik untuk kita :D
Nah,berhubung judulnya Penerapan Konsep FIsika Dalam Kehidupan Sehari-hari.....di sini saya akan menunjukkan sebuah cara yang mungkin You Wanna Know!.yaitu....Menghitung jarak dari asal peluncuran petasan ke tempat posisi anda melihat petasan tersebut!
Sebenarnya ini adalah konsep fisika yang kita sudah dapat dari SMP....yah,sebagai pengingat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,saya coba menerapkannya dalam kejadian di atas(ini gara-gara bosan lihat petasan terus)
Oke mari kita mulaiii!!!

Mungkin kita pernah menghadapai soal fisika seperti ini:
3.Sebuah roket diluncurkan entah dari mana lalu meledak di udara.Lalu,5 detik kemudian setelah cahaya ledakan roket tersebut terdengarlah bunyi ledakannya.Hitunglah jarak dari asal petasan tersebut ke posisi anda melihatnya!
Jawab:
jawabannya simple saja! cukup 'kecepatan suara/detik x lamanya suara ledakan terdengar'
Menurut Wikipedia kecepatan suara per detik adalah 344 m/sec.nah,dengan ini kita dapat menghitung jaraknya!
setelah kita dapat semua yang diketahui maka:
Jarak = kecepatan suara x lamanya suara ledakan terdengar
Jarak = 344 m/s x 5s
Jarak = 1720 m
Jarak = 1,720 km

Jadi,jarak asal petasan tersebut ke posisi kita adalah 1,720 km!
gampang kan? yang penting kita punya kalkulator dan jam tangan....jadi,kalau-kalau ada serangan rudal dari korea utara kita bisa tau daerah mana yang kena! :D

sekian posting dari saya!Semoga bermanfaat!!!

Related Post





0 Comment:

Post a Comment